• terasdakwah@gmail.com
  • 0853 2030 7766

Profil

Profil

SEJARAH & BERDIRINYA TERAS DAKWAH
Kang Akhid Subiyanto, Ketua sekaligus salah satu pendiri Teras Dakwah merupakan aktivis dakwah yang sangat militan dan selalu bergerak dengan mobilitas tinggi untuk kepentingan Agama dan umat. Berawal dari aktivis masjid yang memang ‘hobi’ membuat sebuah acara atau event akbar untuk suatu kegiatan dakwah. Sejak 2005 kiprah Kang Akhid Subiyanto dipergerakan dakwah sudah dimulai, hingga akhir tahun 2010 sukses menyelenggarakan event event penting di Jogjakarta, namun perjalanan ini penuh sekali lika liku permasalahan yang tentu saja mewarnai dakwah beliau sampai pada puncaknya di fitnah oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.
Pada tahun 2010 atas pertimbangan dan nasehat dari para Ustadz, maka beliau pun mundur dari kepengurusan masjid yang pada waktu itu memang sangat aktif dan dikenal pergerakan dakwahnya yang aktif dan fariatif. Tidak berhenti sampai disitu, gerakan dan keinginan Kang Akhid untuk Agama dan umat masih tetap berlanjut, ide untuk tetap berdakwah dijalan Allah dan menyelenggarakan kajian serta tetap menjadi salah satu penyambung tongkat estafet dakwah untuk tetap bermanfaat bagi ummat inilah yang menjadi landasan kuat untuk tetap bergerak dan membentuk sebuah gerakan dakwah yang bernama Teras Dakwah. Secara resmi berdiri sebagai Lembaga Sosial Teras Dakwah pada tgl2 Maret 2014.
KENAPA TERAS DAKWAH & TUJUAN TERAS DAKWAH
Nama Teras Dakwah dipilih karena kata Teras lebih fleksibel dan terbuka, kata ini lebih sederhana dan tidak mengikat. Berdakwah atau membuat sebuah kajian tidak harus di masjid, dari Teras rumah pun juga bisa, dan justru karena itulah yang membuat orang menjadi tertarik. Kami berharap dengan nama ini masyarakat ‘awam’ soal agama bisa mengkaji ilmu islam dan tidak merasa minder, kaku, dan bisa merasa nyaman untuk belajar Islam secara kaffah. Salah satu tujuan Teras Dakwah yang lain adalah sebagai wadah pemersatu ummat Islam lintas harokah.
SIAPA YANG TERLIBAT DI TERAS DAKWAH
Pada awalnya Penggerak Teras Dakwah hanya ada 3 orang saja yang berasal dari Nitikan (bagian konsep, bagian publikasi, & bagian acara). Setelah memanfaatkan sosial media membuat publikasi secara umum, maka tahun 2013 satu demi satu banyak yang bergabung dari berbagai latar belakang dan daerah di Jogjakarta. Alhamdulillah setelah raker perdana di awal tahun 2014 pengurus tetap Teras Dakwah ada 40an orang.
KEGIATAN TERAS DAKWAH
– Ngaji rutin setiap Rabu jam18:00 – 20:30 WIB
– Ngaji AMIDA ( Akhwat dan Umi Muda ) setiap Jumat sore jam16:00 – 18:00 WIB
– Pengelolaan dan Penyaluran zakat, infaq, wakaf & sedekah ( Teras Sedekah )
– Tabligh Akbar bulanan
– Mobilitas Mobil Dakwah (pembinaan ke desa binaan, penyaluran sedekah ke daerah minoritas, antar jemput ustadz, dll)
– Tahfidz untuk Anak & Akhwat (Teras Tahfidz)
– Pelatihan & Training Skill
– TD Archery Club (latihan memanah teras dakwah)
PERKEMBANGAN TERAS DAKWAH
Satu tahun berjalan Teras Dakwah berkiprah sejak tahun 2014. Alhamdulillah sekarang jamaah kajian rutin sekitar 100 – 300 orang. Dan untuk Tabligh Akbar 500 – 1.500 orang. Alhamdulillah Teras Dakwah memiliki desa binaan di daerah Muntilan yaitu di Dusun Juwono, Muntilan, Jawa Tengah dan di Nanggulan Kulonprogo. Kami juga mencoba bersinergi dengan lembaga atau organisasi dakwah lainnya, agar tercipta persatuan Islam lintas harokah.
HARAPAN TERAS DAKWAH
Mampu membina masyarakat sekitar Nitikan pada khususnya dan Yogyakarta pada umumnya, serta mampu memberikan solusi kajian ilmu Islam yang sesuai AlQuran dan Sunnah. Harapan kedepan adalah Teras Dakwah menjadi salah satu wadah pelopor persatuan umat lintas harokah dan menjadi inspirasi gerakan Dakwah di Nusantara, bahwa dakwah bisa berawal dari tempat sederhana namun bisa memberikan sesuatu yang bermakna.

Leave a Reply

@2018 - Teras Dakwah